Cabang-Cabang Ilmu Biologi

 

Sebagai ilmu, biologi memiliki ruang lingkup sangat luas karena menyangkut segala permasalahan makhluk hidup dan kehidupannya. Sebagai upaya memperdalam berbagai objek dan permasalahan tersebut, para biolog membuat kajian-kajian khusus sehingga muncul berbagai cabang biologi. Dengan berkembangnya berbagai pendalaman ini, para biolog dapat menanggapi berbagai masalah biologi dengan lebih baik.

Pembagian biologi ke dalam berbagai cabang dapat digambarkan seperti keratan-keratan pada kue lapis. Coba kalian pahami secara saksama. Keratan vertikal menggambarkan berbagai cabang biologi berdasarkan kelompok makhluk hidup yang dikajinya. Sedangkan keratan horizontalnya menggambarkan cabang-cabang iologi berdasarkan aspek yang dikajinya.

Wilayah a adalah wilayah entomologi yang mempelajari dunia serangga. Sedangkan, a1 adalah entomologi ditinjau dari kajian morfologinya. Kemudian, a2 adalah entomologi ditinjau dari kajian fi siologi. Begitu seterusnya sesuai dengan keterangan yang ditunjukkan oleh huruf dan angka pada gambar tersebut. Letak a, b, c, d, e, f, g, h, i tidak harus seperti pada gambar, begitu juga letak 1, 2, 3, 4, dan 5.

Cabang-cabang biologi berdasarkan aspek kajiannya

  • Morfologi Menyangkut bentuk luar tubuh
  • Anatomi Menyangkut bagian-bagian dalam tubuh
  • Histologi Menyangkut jaringan
  • Fisiologi Menyangkut faal atau proses kerja tubuh
  • Genetika Menyangkut pewarisan sifat
  • Embriologi Menyangkut perkembangan embrio
  • Ekologi Menyangkut interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya
  • Evolusi Menyangkut perkembangan makhluk hidup dari masa lalu sampai masa kini

Cabang-cabang biologi berdasarkan kelompok makhluk hidup kajiannya

  • Mikrobiologi Mempelajari jasad renik, meliputi keanekaragaman jenis, fi siologi, reproduksi, peranan, dan lain sebagainya.
  • Botani Mempelajari dunia tumbuhan, meliputi morfologi, fi siologi, klasifi kasi, manfaatnya bagi manusia, dan lain sebagainya.
  • Zoologi Mempelajari dunia hewan meliputi morfologi, struktur tubuh, peranannya dalam kehidupan, dan lain sebagainya.

Cabang-cabang yang termasuk di dalam tabel tersebut adalah cabang-cabang biologi yang mempelajari kelompok-kelompok makhluk hidup (taksonomi) secara umum. Masih banyak cabang biologi yang lainnya, yang lebih khusus dari cabang-cabang yang telah ada atau merupakan cabang yang baru. Contohnya adalah Briologi yang mempelajari tumbuhan lumut (bryophyta). Contoh lain adalah mikologi (mempelajari jamur), mammologi (mempelajari mamalia), dan etologi (mempelajari tingkah laku hewan).


Cara Belajar, Berprestasi Di Sekolah, Ayo Sekolah, Ilmu Teknik, Cara Mudah Belajar, Sekolah Dasar, Rajin Pangkal Pandai, Mari Belajar, Sekolah Untuk Semua, Bangku Sekolah
Cabang-Cabang Ilmu Biologi 4.5 5 Zahiruddin KH Sebagai ilmu, biologi memiliki ruang lingkup sangat luas karena menyangkut segala permasalahan makhl...


Powered by Blogger.